Wednesday, March 16, 2016

Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface CorelDRAW X6

Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface CorelDRAW X6
Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface CorelDRAW X6

MP Tutorial Desain - Corel Draw adalah software editor grafis berbasis vector yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak bernama Corel yang berpusat di Kanada tepatnya didaerah Ottawa. Dibandingkan dengan software sejenis, dapat dikatakan bahwa Corel Draw adalah yang paling sukses dan popular di kalangan Desain Grafis, kesuksesan Corel memikat hati para Desainer Grafis tak lain karena banyaknya keunggulan fitur dari Corel Draw yang tak dimiliki oleh software sejenisnya.

Interface yang User-friendly serta kelengkapan fasilitas serta fitur dari Corel Draw membuat para Desainer baik yang Pro dan Newbie dapat mengeluarkan ide-ide dan menyalurkan kreatifitasnya di bidang Vector Desain, telah bertahun-tahun Perusahaan Perangkat lunak ini membangun reputasi yang baik dan selalu berusaha se-inofatif mungkin dalam setiap versi terbarunya, mereka yakin produk yang mudah digunakan dan dipelajari ini dapat membantu semua orang untuk meraih level baru dalam berproduksi.

Penjelasan Mengenai User Interface Corel Draw X6 

Quick Start
Menu Quick Start pada Corel Draw X6
Gambar 1. Menu Quick Start pada Corel Draw X6
Quick Start merupakan tampilan awal ketika Corel Draw X6 di buka, ada beberapa menu yang dapat kita pilih sebelum membuka lembar kerja, untuk keterangan nya silahkan simak penjelasan dibawah ini :

 1.   Recent Document Priview adalah area untuk melihat privew dari dokumen terakhir yang kita buka, preview akan terlihat ketika mouse menyorot sebuah nama file di menu Open Recent.
2.     Document Information adalah area dimana kita dapat melihat informasi dari file berupa nama dokumen, lokasi penyimpanan dokumen dan besar ukuran dokumen.
3.   Default Welcome Screen dimana kita dapat mensetting apakah akan memunculkan Quick Start atau langsung membuka lembar kerja saat pertama membuka Corel Draw, centang jika ingin memunculkan Quick Start.
4.      Open Recent adalah kolom yang menampilkan file dokumen terakhir yang kita buka.
5.      Open Other adalah menu untuk membuka file dokumen lain di computer kita.
6.      Anda dapat membuat file dokumen baru atau memilih template dengan dengan menu Quick New.

Create New Document
Create New Document
Gambar 2. Create New Document

Setelah anda memilih New Blank Document maka akan muncul sebuah window baru yang bernama Create New Document, banyak pengaturan yang dapat kita gunakan untuk memudahkan kita sebelum kita mulai berkreasi dengan Corel.

Penjelasan tentang menu Create New Document :
1.      Name : memberi nama file dokumen yang akan dibuat
2.    Present Destination :memilih pengaturan dokumen yang telah ditetapkan seperti Web, RGB, CMYK atau CorelDRAW Default, untuk kali ini saya memilih CorelDRAW Default.
3.     Size : mengatur size dari dokumen, anda dapat memilih satuan meter, centimeter, millimeter hingga ukuran Pixels.
4.      Number of Page : disini kita akan menentukan banyaknya halaman yang akan kita buat.
5.    Rendering Resolution : untuk mengatur Dots per Inc, tentunya semakin besar dpi akan semakin halus hasil yang kita dapat tetapi juga semakin besar dpi maka akan menambah kinerja dan beban computer kita, untuk computer yang High-End memang disarankan tetapi jika computer kita medium atau low-End maka pilihan paling bijak adalah 300 dpi.
6.   Terakhir, jika kita sudah selesai melakukan pengaturan langkah selanjutnya adalah memencet tombol OK.


Title Bar, Menu Bar dan Tool Standart
Gambar 3. Title Bar, Menu Bar, Tool Standart dan Property Bar
Keterangan Gambar :
1.     Title Bar
Merupakan informasi dokumen yang sedang kita buka meliputi nama dokumen dan lokasi penyimpanan dokumen
2.     Menu Bar
Adalah menu utama dari CorelDRAW untuk mengelola file dokumen, contohnya menu “File” yang berguna untuk pengaturan seperti menyimpan, export/import, Print dan Exit, ada banyak sekali pengaturan yang terdapat di Menu Bar ini tentunya tidak akan bisa kita pahami sekaligus melainkan dengan proses dan terus belajar niscaya anda akan dapat memahami setiap menu pengaturan pada Menu Bar ini.
3.     Tool Standart
Merupakan kumpulan Sortcut yang dapat kita costumize sesuai kemauan, misalnya tombol save yang akan mempercepat kita dalam menyimpan dokumen jadi tidak perlu repot-repot klik “File > Save”
4.     Property Bar
Merupakan Tool umum dari dokumen yang sedang anda aktifkan, di Property Bar anda bisa mengatur satuan untuk panjang dan tinggi halaman mulai satuan meter, centimeter hingga pixels, mengatur landscape atau potrait halaman, anda juga dapat mengganti langsung lebar atau tipe dokumen.
Lembar Dokumen Landscape dan Potrait
Gambar 4. Lembar Dokumen Landscape dan Potrait
 Tool Box
Tool Box CorelDRAW X6
Gambar 5. Tool Box CorelDRAW X6
Tool Box adalah kumpulan alat / tools untuk keperluan membuat suatu objek, memberi warna dan efek pada objek, ini merupakan menu paling utama dalam CorelDRAW dimana anda dapat berkreasi dengan memanfaatkan tools-tools yang disediakan. Jika suatu saat toolbox anda hilang entah dikerjai rekan anda atau karena salah pencet, XD, maka jangan panic dulu karena anda dapat mengaktifkannya dengan mudah lewat menu Window > Toolbars > Toolbox, dan Taraa Toolbox Corel sudah kembali keposisi semula.

Menu Toolbox dasar dan yang paling sering digunakan :
1.     Freehand Tool
Salah satu tool yang sering digunakan para desainer grafis untuk membuat sebuah objek, sesuai dengan namanya freehand yang berarti “tangan bebas”, tool ini memungkinkan anda menggambar dengan bantuan mouse atau pen mouse dengan bebas, anda dapat membuat garis lurus ataupun berpola sesuai dengan kemauan anda.
Membuat objek dengan Freehand  (Garis Lurus dan Garis Lengkung)
Gambar 6. Membuat objek dengan Freehand  (Garis Lurus dan Garis Lengkung)
2.    Rectangel Tool, Eclipse Tool, Polygon Tool dan Basic Shapes Tool
Ini adalah tool untuk membuat bangun persegi/persegi panjang, objek bulat, segitiga, bintang dan lain-lain silahkan explore sendiri agar lebih memahami.

Menu Rectangel Tool, Eclipse Tool, Polygon Tool dan Basic Shapes Tool
Gambar 8. Menu Rectangel Tool, Eclipse Tool, Polygon Tool dan Basic Shapes Tool
3.    Text Tool
Merupakan Tool untuk membuat objek berupa tulisan, anda hanya tinggal mengetik lalu merubah font sesuai keinginan anda.
Membuat objek berbentuk Text menggunakan Text Tool
Gambar 9. Membuat objek berbentuk Text menggunakan Text Tool
4.    Fill Tool
Merupakan Tool untuk mewarnai suatu objek, pada menu ini terdapat beberapa pilihan pewarnaan yaitu : Uniform Fill (Untuk pewarnaan menggunakan 1 warna), Fountain Fill (membuat efek warna Gradasi),  Patern Fill (membuat warna dengan pola tertentu yang disediakan oleh CorelDRAW maupun hasil gambar Bitmap yang ada di computer anda), Texture Fill (sebenarnya hampir sama dengan Patern Fill hanya saja pilihan warna texture nya dapat di edit2), Postscript Fill (membuat warna melalui script yang telah disediakan), No Fill (membuat objek menjadi transparan/tidak berwarna-perlu dicatat tidak berwarna itu lain dari warna putih walau di corel draw sama-sama berwarna putih tetapi setelah di export akan lain hasilnya).
Fill Tool untuk pewarnaan pada objek
Gambar 10. Fill Tool untuk pewarnaan pada objek

Page Number
Gambar 11. Page Number pada CorelDRAW X6
Page Number Merupakan menu navigasi untuk mengedit page di lembar kerja anda :
1.      Tombol untuk berpindah halaman
2.      Informasi dari halaman aktif serta jumlah halaman pada keseluruhan lembar kerja anda
3.      Tombol untuk menambah halaman
4.      Halaman yang sedang anda digunakan

Sampai disini dulu, Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface pada CorelDRAW X6, Silahkan dipahami dan koreksi saya jika terdapat kesalahan penulisan karena pada dasarnya saya juga masih dalam tahap pembelajaran sama seperti anda yang mencari artiker ini, dengan terus belajar saya yakin kita akan lebih memahami dan mahir untuk mengolah imajinasi menjadi sebuah karya yang akan dilihat semua orang.

Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, Silahkan membagikan artikel ini melalui media social dibawah ini. Terimakasih….

Artikel Terkait

Tutorial Dasar dan Pengenalan User Interface CorelDRAW X6
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bahasa yang Baik dan Sopan, Komentar yang bernada Kasar, SARA dan Mengundang Perpecahan Tidak akan dimoderasi oleh Admin. Terima kasih.